Facial Pertamaku ~


Surabaya, 26 Januari 2013

                Aku pengen cerita kejadian hari ini :)
Duluuu banget, aku pernah minta ke ibu sama bapak untuk perawatan muka. Menurutku, mukaku tuh annoying banget, kulit belang-belang udah kayak zebra, terus banyak jerawatnya, tambah sempurna kan? Tapi mereka bilang, perawatan bikin kulit jadi ketergantungan. It’s okay it’s okay, aku ngalah deh.
Give up banget, mau ngerayu model apapun hasilnya nol. Hingga akhirnya, hari ini, tiba-tiba saja, ibuku berbicara soal mukaku. Ibu bilang, aku harus ke dokter spesialis kulit di dr. Soetomo untuk ngecheck kulitku sama minta obat yang nggak bikin ketergantungan. Aku setuju laah, meskipun kata ibu, aku kudu berangkat kesana sendiri. Oke gapapa aku berangkat sendiri, aku kan anak mandiri. :D
                Terus siangnya, aku diajakin ke TP, jalan-jalan katanya. Eh nggak taunya aku diajak ke tempat perawatannya ibu, Jayanata namanya. Aku diperiksa dokternya, terus katanya, “Kalo ini sih gampang, tinggal difacial aja, tiap bulan sekali tapi rutin. Pasti bisa ilang jerawatnya.” Wuii, aku berbinar-binar, membayangkan apa jadinya ya kalo mukaku tanpa jerawat, terus kulitnya terang dan nggak belang-belang. Pasti oke banget! :D
Here we go, facial pertamaku…
                Ibu berpesan, “Ta, nanti lek sakit, ojok jerit-jerit, ojok umek yo. Ditahan.” Jadi penasaran banget, segimana sakitnya sih difacial itu? Entahlaah…
Sesi pertama, aku dikasih DG. Aku gatau apa itu DG, tapi yang jelas baunya nyegrak banget, kayak alcohol dan pas aku bernafas panjang, baunya itu lo langsung masuk dengan cepat ke rongga hidung, faring, laring, bronkus, bronkeulus, alveolus, dan bikin aku batuk-batuk. Nggak enak pol. Tapi katanya mbak ana (orang yang ngefacial aku) DG itu cairan yang terbaik untuk facial, karena apa? Karena DG itu cocok untuk orang yang berjerawat, bisa menghilangkan jerawat, dan membuat kulit lebih terang. Okebos, aku yo yo ae.
Sesi kedua, aku dipeeling, aku ngira peeling itu dikupas, eh tapi ternyata diberi cream, creamnya itu biasa sih, tapi begitu sampe di kulit, khususnya di wilayah yang berjerawat, tuh cream jadi ganas. Kayak nyubit-nyubit gitu. Cekit cekit. Tetap bertahan.
Sesi ketiga adalah peeling tahap kedua. Creamnya berbeda dari yang pertama, tapi rasanyaaa aw aw aw malah jauh lebih sakit lagi! Cubitannya makin mendalam. Semakin menahan.
Sesi keempat, aku dipanasin. Eh eh, maksutnya diuapin. Jadi ada alat, ditaruh di depan mukaku, terus pas dinyalain rasanya panas banget. Kurang lebih seperti steamer kalo disamakan dengan sesi creambath. Panas bro. Mulai megap-megap.
Sesi kelima, aku dikasih cream bening, dan mulailah tahap puncak, PEMBERSIHAN! Ada semacam alat yang cukup lincip, tiba-tiba alat itu dicocokkan ke kulit. Tepatnya ke wilayah-wilayah yang berjerawat dan berkomedo. Mulailah proses pencabutan, dan itu rasanya kayak ditusuk sampe dalem, terus diangkat. Sakit sih, tapi masih bisa bertahan.
Sesi keenam, nggak lama setelah itu, mbak Ana mulai membahana. Sepertinya dia menemukan tantangan yang menyenangkan di wajahku. Katanya, hampir semua jenis jerawat di wajahku itu jenis jerawat batu, yang artinya itu jerawat susah dikalahin, butuh tenaga ekstra untuk mencongkelnya, secaraa, batu gitu eh. Dan nggak lama setelah menginfokan seperti itu, gerakannya makin agresif dan menyakitkaaaaan. Setelah memakai benda lancip, dia mencet mukaku dengan kedua jari telunjuknya yang sudah terlapisi tisu, pas dipencet, rasanya atit banget. Mau teriak tapi ga dibolehin sama ibu, mau nangis tapi gengsi, maka akupun memutuskan bagaimana jika menghitung pitesannya mbak Ana! Super sekali! Ideku brilliant!
Makin lama makin sakit, oke aku sabar…
Makin lama makin nggelambyar jumlah hitunganku…
Makin lama, astaga makin pengen kabur rasanya…
Akhirnya aku inget kata-kata pak Harun (wali kelasku). “Orang ketika sakit itu seharusnya dinikmati, karena apa? Karena disaat seperti itu, dia bisa benar-benar bersyukur karena masih bisa merasakan kehidupan.” Bener banget! Akhirnya aku mulai menikmati kesakitan itu, sambil berhitung hehe. Yang paling menyakitkan pas itu, adalah pas di pipi kiri yang paling banyak mbok-mbok jerawat, terus di hidung kiri (yg biasanya ketempelan kacamata). Kebetulan di hidung kiri ada jerawatnya. Review sejenak, jadi, pipi kiriku emang udah jadi sarang jerawat, terhitung sejak aku kelas 6 SD. Dan gatau deh, udah berapa ribu jerawat yang pernah singgah disitu, banyak banget bekasnnya. Dan 1 minggu lalu ada jerawat kecil di tempat kacamataku biasa bersandar, di hidung kiri. Tapi tak biarkan aja, dan dia kecepit kacamata. Tak pikir bisa kempes, nggak taunya malah melebar dan aneh. Usut punya usut, ternyata isinya darah, dan itu nggak bisa hilang kalo nggak diletusin. Akhirnya aku minta diletusin aja, daripada tambah gak oke. Kedua wilayah itu bener-bener sesuatu banget rasanya, tapi Alhamdulillah masih bisa ditahan. Menurut quick count alaku, benda lancip itu menjamah wajahku sebanyak 98kali, dan telunjuk+tisu itu memencet wajahku sebanyak 113 kali. Alamaaak, ini banyak banget jamahannya. Mungkin jerawat dan komedoku keterlaluan parah, buanyak banget!
Sesi ketujuh, benar kata pepatah, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Tahap sakit selesai digantikan tahap pencucian, pake air hangat, enak banget sambil di massage badannya. :D
Sesi kedelapan, kalo nggak salah pendinginan, pake kayak microphone tapi pentolannya duingin banget, uenaaak.
Sesi kesembilan, maskeran. Kayak maskeran biasaaa.
Sesi terakhir, pencucian pake air hangat lagi, terus dikasih cream. So creamy! ~

Dari pengalaman itu aku tahu, perjuangan orang-orang yang kepingin cantik itu susah. Perjuangan orang kepingin cantik itu mahal. Perjuangan orang kepingin cantik itu sakit. Tapi ingatlah, setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Unforgettable banget deh pengalaman facial pertamaku. :)
Doakan aku berhasil menjadi perempuan yang lebih cantik ya, cantik luar dan dalam ;)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

2 Comments:

Arinda Wahyu Ningtyas mengatakan...

Berapa kak biaya facial di jayanata?

putri tariza mengatakan...

kak kena biaya berapa disana?

Posting Komentar