Karya Tulis Ilmiah Bab III


BAB III
METODE PENELITIAN

Dalam penelitian ini akan di paparkan cara penelitian yang meliputi; pendekatan penelitian, objek penelitian, dan sistematika penlisan.
3.1. Pendekatan Penelitian
Penelitian unsur intrinsik novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja mempergunakan pendekatan kualitatif. “Pendekatan kualitatif ialah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati” (Moleong, 2000:3).
Penelitian kualitatif memiliki ciri-ciri sebagai berikut: “1.) latar alami sebagai sumber langsung data 2.) manusia sebagai alat (instrumen) 3.) bersifat deskriptif 4.) analisis data secara induktif 5.) menekankan makna sebagai perhatian utama” (Moleong, 2000:4). Berdasarkan ciri-ciri penelitian kulitatif seperti tersebut di atas, maka penulis menetapkan metode penelitian kualitatif untuk meneliti novel Atheis yang ditinjau dari unsur intrinsik dengan alasan berikut: 1.) pendeskripsian unsur intrinsik yang membangun dalam novel Atheis mempergunakan novel Atheis sebagai sumber langsung data. Data di ambil dari novel yang diteliti, 2.) peneliti sendiri yang bertugas sebagai pengumpul data utama. 3.) data disajikan  dalam bentuk deskripsi (kutipan-kutipan) untuk memberikan gambaran yang jelas dan bukan berupa angka-angka.
3.2. Objek Penelitian
“Objek penelitian sastra adalah pokok atau topik penelitian sastra” (Sangidu, 2004: 61). Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja yang diterbitkan oleh Balai Pustaka, cetakan tahun 1989.
3.3. Teknik Pengumpulan Data
3.3.1. Data
“Data penelitian, sebagai data formal adalah kata-kata,kalimat, wacana” (Ratna, 2004: 47). “Data yang dikumpulkan dalam analisis deskriptif berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Hal ini disebabkan oleh adanya penerapan metode kualitatif” (Moleong, 2002: 16). Wujud data dalam penelitian ini berupa kata-kata, frasa, kalimat, dan wacana yang terdapat dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja.
3.3.2. Sumber Data
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kepustakaan yaitu berupa buku, transkrip, majalah, dan lain-lain. Hal ini sejalan dengan perincian sebagai berikut.


3.3.2.1. Sumber Data Primer
“Sumber data primer merupakan sumber utama data” (Siswantoro, 2004:140). Sumber data primer penelitian ini adalah novel Azab dan Sengsara karya Merari Siregar, terbitan Balai Pustaka, cetakan tahun 1989.
3.3.2.2. Sumber Data Sekunder
“Sumber data sekunder merupakan sumber data kedua” (Siswantoro, 2004: 140). Sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu data-data yang bersumber dari buku-buku acuan yang berhubungan dengan permasalahan yang menjadi objek penelitian.
3.3.2.3. Teknik Pengumpulan Data
“Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitianini adalah teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik pustaka adalah teknik yang menggunakan sumber-sumber tertulis untuk memperoleh data” (Subroto, 1992: 42). Data diperoleh dalam bentuk tulisan, yang harus dibaca, disimak, hal-hal yang penting dicatat kemudian juga menyimpulkan dan mempelajari sumber tulisan yang dapat dijadikan sebagai landasan teori dan acuan dalam hubungan dengan objek yang akan diteliti. Teknik simak dan catat berarti peneliti sebagai instrumenkunci melakukan penyimakan secara cermat, terarah dan teliti terhadap sumber data primer, yakni teks novel Atheis untuk memperoleh data yang diinginkan. Hasil penyimakan itu dicatat sebagai data. Dalam data yang dicatat itu disertakan pula kode sumber datanya untuk pengecekan ulang terhadap sumber data ketika diperlukan dalam rangka analisis data.

3.3.2.4. Teknik Analisis Data
“Analisis data dalam penelitian kualitatif dilaksanakansecara terus-menerus, sejak pengumpulan data di lapangan sampai waktu penulisan laporan penelitian” (Aminuddin, 2011: 18). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pembacaan semiotika yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik.
“Pembacaan heuristik merupakan cara kerja yang dilakukan oleh pembaca dengan menginterpretasikan teks sastra secara referensial lewat tanda-tanda linguistik” (Sangidu, 2004: 19). Pembacaan heuristik juga dapat dilakukan secara struktural.Pembacaan ini berasumsi bahwa bahasa bersifat referensial, artinya bahasa harus dihubungkan dengan hal-hal nyata.
Pembacaan hermeneutik atau retroaktif merupakankelanjutan dari pembacaan heuristik untuk mencari makna. Metode ini merupakan cara kerja yang dilakukan oleh pembaca dengan bekerja secara terus-menerus lewat pembacaan teks sastra secara bolak-balik dari awal sampai akhir. Salah satu tugas hermeneutik adalah menghidupkan dan merekonstruksi sebuah teks dalam yang melingkupinya agar sebuah pernyataan itu tidak mengalami aliensi dan menyesatkan.
Langkah awal analisis novel Atheis, yaitu memaparkan strukturnya dengan menggunakan metode pembacaan heuristik, pada tahap ini pembaca dapat menemukan arti secara linguistik. Selanjutnya dilakukan pembacaan hermeneutik, yaitu peneliti bekerja secara terus-menerus lewat pembacaan teks sastra secara bolak-balik dari awal sampai akhir untuk mengungkapkan unsur intrinsik yang membangun novel Atheis.
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan kerangka berpikir induktif. Metode induktif adalah metode dengan langkah-langkah menelaah terhadap fakta-fakta yang khusus, peristiwa yang konkret kemudian dari fakta-fakta yang khusus itu di balik, digeneralisasikan yang mempunyai sifat umum. Realisasi cara berpikir induktif, yaitu dengan membaca novel Atheis terlebih dahulu untuk menemukan peristiwa-peristiwayang dialami tokoh utama novel Atheis, kemudian dihubungkan degan kejadian-kejadian dalam kehidupan nyata.
3.4. Sistemetika Penulisan
Sistematika penulisan laporan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.) Bab I: pendahuluan, memuat antara lain latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian. 2.) Bab II berisi tentang pembahasan unsur intrinsik secara umum yang terdiridari kutipan-kutipan dari buku literatur sastra dan kalimat penjelas. 3.) Bab III memuat antara lain pendekatan penelitian, objek penelitian, teknik pengumpulan data, dan sistematika penulisan. 4.) Bab IV merupakan bab inti dari penelitian yang akan membahas analisis unsur intrinsik dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja.


Lihat juga: scrapbook buatanku :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

1 Comments:

Unknown mengatakan...

Makasih, sangat membantu:)

Posting Komentar