the stories about 105,9 ebs fm and I ;)


 “One hundred five point nine ebs fm the teenage music spirit station...”
                Hai readers, bingung ya baca openingnya itu maksudnya apaan? Hehe. Buat kamu kamu yang doyan dengerin radio ebs waktu tahun 2009-an, pasti tau deh, itu semacam openingnya gituuh. Jadi, tiap announcer bakalan ngomong opening semacam itu. Dan aku? Aku selalu dan selalu mengagumi semua announcer yang ada di ebs, sejak SMP. Kenapa? Karena mereka bisa ngomong kayak gitu dengan cepat, tanpa kepeleset sedikitpun, sederhana ya alasannya? Hahahaha. ^^
Surabaya, 2009
Well did you know, dari aku SMP, aku udah suka banget dengerin radio. Semua itu berawal dari pertemuanku sama si cewek aneh, Lusiana. Dia bukan cewek famous, bahkan cenderung introvert, sehingga banyak anak yang ogah deketin dia. Berhubung aku penasaran, aku deketin aja. Aku coba jadi orang yang care sama dia, yang nemenin dia kemana-mana, sampe akhirnya aku tahu kalo dia seneng banget dengerin radio ebs. Dia suka banget sama salah satu penyiar, namanya Jhagad, lengkapnya Jhagad Mahagita Swara. Kalo ga salah, Jhagad adalah announcer sekaligus  vokalis band Mahagita.
                Di suatu siang, tepatnya hari Jumat, aku lupa tanggal sama bulannya tapi kayaknya itu sekitar tahun 2009. Lusi mendadak alay banget! Aku tanya ke dia, “Lapo lus? Atek narik-narik barang.” Dia jawab, “Mudun tak ayo mudun! Onok Jhagad! Onok Jhagad!!” Aku masih belum paham maksudnya apa, kenapa kok tiba-tiba Jhagad ke sekolahku, padahal kan lagi gaada acara pensi atau acara apa-apa. You know, ternyata si Jhagad itu numpang solat Jumat di SMPku. Jediaaaar. Waktu itu sempet ngerasa aneh sih, tapi aku inget, ebs kan di seberangnya SMPku, jadi ya wajar aja kalo Jhagad numpang sholat di sekolahku hehehe. Dan waktu itu, kita berdua nunggu sampe semua selesai sholat Jumat. Waktu itu Jhagad menuju ke pintu keluar, aku masih inget banget, badannya kurus, tinggi, kulitnya kuning langsat, rambutnya berdiri-berdiri, rahangnya cowok banget, tulang pipinya tirus, dia pake 1 anting di sebelah kanan. Alamaaak keren bangeet kalo di jaman segitu maah. Ganteng ganteng ganteeeeeng!!! Aku sama Lusi cuma bisa ngeliatin dari pinggir, Lusi narik-narik tanganku sambil nahan untuk nggak teriak saking senengnya ketemu idola.
                Dan hal yang sama terjadi di minggu-minggu berikutnya. Aku jadi sering banget dengerin radio berdua sama Lusi lewat HPnya. Dengerin lagu Aku Kau dan Kenangan, saling ngingetin untuk dengerin ebs, request lagu tiap malam, dengerin Jhagad siaran. Jhagad sering ke sekolahku, dan kami berdua selalu nunggu kedatangannya di kursi di pinggir lapangan. Aku selalu nyuruh dia minta tanda tangannya Jhagad, tapi dia nggak berani. Akhirnya kami cuma bisa menikmati pemandangan indah ciptaan tuhan dari jauh aja hehe. Kebiasaan-kebiasaan itu makin sering kita lakukan sampe jadi rutinitas, sampe kita berdua bermimpi, one day kita bakalan jadi penyiar kece kayak Jhagad. Kita pengen suara kita didenger banyak orang, tanpa mereka harus tau seperti apa fisik kita, nggak kayak di tv yang harus cantik-cantik. Terus kita juga bisa kasih solusi buat semua pendengar kita, tentang cinta, persahabatan, mimpi, cita-cita, semuanya.
Sampe akhirnya kebiasaan kita terhenti waktu Lusi sakit, dia jadi jarang masuk sekolah. Dia absen sampe berbulan-bulan lamanya, sampe pada akhirnya, bulan Januari 2010 dia meninggal. Semua jadi beda. Perlahan, aku berhenti dengerin radio, soalnya tiap dengerin radio, aku pasti inget Lusi, dan aku pasti nangis. Jadi daripada mataku bengkak-bengkak, mendingan gausah dengerin radio. Kebiasaan itu mulai aku tinggalkan, tapi mimpi itu nggak pernah hilang.
Aku tetep pengen jadi penyiar. Aku tetep pengen suaraku didenger banyak orang, aku pengen bisa kasih saran untuk semua listeners yang lagi butuh bantuan, dan aku pengen suatu hari kalo aku jadi penyiar, aku bisa share cerita persahabatanku sama Lusi waktu aku siaran di ebs obat tidur. Aku pengen mereka tahu, siapa orang yang paling besar jasanya saat aku udah jadi penyiar, dia adalah Lusi. Yang kalo nggak ada dia, aku nggak mungkin pernah kepikiran untuk jadi penyiar. Yang kalo nggak ada dia aku nggak mungkin bisa suka ebs, nggak mungkin kenal sama yang namanya Jhagad, walaupun waktu itu Jhagad ya nggak kenal aku.
Surabaya, 19 September 2013
Sampe pada akhirnya, 19 September 2013. Waktu itu ada event Pemilos (Pemilihan OSIS) di
sekolahku. Aku salah satu kandidat calon ketua OSIS pada saat itu. Aku nervous. Rivalku adalah 2 orang yang sangat-sangat hebat. Pidy, siapa anak 16 yang ga kenal dia? Pengusaha muda yang sangat hebat, ganteng pula! Dan Ghea, perempuan yang cantik, model, famous, sangat amat tenar! Aku? Cuma anak biasa dengan background anak pecinta lingkungan, nggak pernah sekalipun jadi pengurus OSIS, tapi atas dukungan teman-teman sama guru-guru, aku berani untuk maju ke Pemilos.
Waktu itu asli aku nggak PD sama sekali, tapi aku denger dari guru-guru, katanya bakalan ada ebs yang bakal ngeliput acara Pemilos. Rasanyaa, aku aku aku seneng banget!! Sekolahku didatengin ebs! Bakalan ada penyiar, AKU BISA KETEMU PENYIAR RADIO!!! Waktu aku denger berita itu, aku langsung nggak peduli, mau menang kek, mau kalah kek, yang penting aku udah coba, aku berusaha kasih yang terbaik yang aku bisa, dan hari itu aku bener-bener pengen happy, pengen lihat gimana cara penyiar itu siaran hehe.
Siang itu, aku, Pidy, Ghea, beserta tim diminta untuk ikut kuis 12pas. Kita kalah dengan sukses, nggak bisa jawab banyak banget pertanyaan, malu malu malu hehe. Malunya besar banget, diketawain temen-temen, udang deh. Setelah acara 12pas, tuh anak-anak pada ngacir, tinggal aku doang, duduk di pinggir lapangan meratapi nasib #hiks. Terus tiba-tiba aja aku diajakin buat siaran sebentar, nyeritain tentang proses Pemilos, visi misiku, sama ditanya-tanyain tentang SMA 16 gitu, seingetku waktu itu aku siaran sama mas Aryo, orang yang lumayan kece. Tanganku dingin banget waktu itu, nervous gila. Itu adalah first momentku siaran, walaupun cuma 10 menit doang, tapi suaraku masuk radio heei, itu mimpi kecilku haha. Deg-degan, bingung, tapi seneng!
Terus setelah acara siaran itu, aku kenalan sama mas Vicky. Dia ngobrol sama aku, terus minta tolong aku buat bacain brain booster, tentang fisika fisika gitu. Udah gitu, aku lanjut ngobrol lagi, tiba-tiba ada orang yang dateng ke aku sama mas Vicky. Badannya tinggi, kulitnya kuning langsat, rambutnya sebahu, laki-laki. Dia ngobrol sama mas Vicky, aku diem aja. Terus mas Vicky ngenalin dia ke aku, aku salaman sama dia. Readers, coba tebak dia siapa? Dia JHAGAD! Astaga astaga dia Jhagad! Sempet aku bilang Serius? Sumpah ini Jhagad? Masalahnya dia beda banget sama Jhagad yang aku tau waktu aku SMP, dulu badannya kurus, sekarang? Dulu rambutnya berdiri-berdiri, sekarang? Dulu dia pake anting, sekarang? Dulu mukanya rada songong, sekarang? Beda banget, tapi setelah diamati dalem-dalem, dia mirip Jhagad beneran! Tuhaan, Kau pertemukan aku dengan orang yang menginspirasi aku.
Aku bangga. Aku bangga bisa bertemu dengan inspiratorku pada saat aku jadi aku pada saat itu, saat aku sudah mulai jadi anak yang terbuka, berani, dan nggak kayak waktu SMP dulu deh. Aku bangga, di kesempatan itu aku bisa cerita ke Jhagad soal Lusi. Aku bangga, bisa nyebutin nama Lusi ke dia, aku yakin Lusi juga bangga aku akhirnya bisa ngomong sama inspirator kita berdua. Dan aku bangga, ternyata inspiratorku adalah orang yang care sama fans-fansnya. Well you know Lus, wherever you are, I tried to do my best, I met him, I told a whole story about us to him. And he gave good respons to you dear, I believe, you proud of me. I miss you, I love you dear. :’)
Surabaya, 10 Juni 2013
Aku memberanikan diri untuk coba belajar siaran, di ebs. Ada semacam program siaran bareng pelajar gitu, aku daftar deh. Aku daftar siaran, di ebs aku disambut dengan hangat sama mbak Yuris, she’s very kind to me, thanks kakak Yuris. Dan akhirnya aku kebagian siaran hari Minggu, 16 Juni 2013 jam 19.00-21.00. Itu adalah satu momen yang nggak akan pernah bisa aku lupain. Aku pulang dengan perasaan campur aduk, aku nervous, seneng, deg-degan, bangga, dan mimpiku jadi kenyataan, walaupun cuma ada kesempatan sekali aja, tapi yaa nggak papa lah, seenggaknya aku bakal tahu gimana rasanya siaran di radio beneran hihi.
Surabaya, 16 Juni 2013
After pray Maghrib, I told to my parents about that broadcast schedule. They gave very good respons on it! Ibuku langsung semangat, beliau bersedia mengantarkan aku ke ebs. Aku masih inget banget, ibuku bilang gini, “Gapapa, ibu aja yang nganter. Be’e kamu dapet tawaran siaran, ibu tak jadi managernya, ibu yang nanti nanda tanganin surat perjanjian kontraknya hehhe...” Aku cuma jawab, “Opo ae bu, ini lo mek siaran sekali tok. Ndak mungkin ada tawaran siaran, cari pengalaman aja.”
Waktu itu, aku sama ibu sampe di ebs jam 18.40. Tanganku dingin. Mbak Yuris menyambut aku sama ibu dengan sangat ramah. Aku ngiranya aku bakalan siaran sama mbak Yuris, tapi ternyata aku salah. Kata mbak Yuris, aku siaran sama Danan. Who’s Danan? I don’t know. Yaudahlah, nggak sama mbak Yuris juga gapapa, yang penting aku siaran. Gitu awalnya pikiranku.
Danan dateng “agak sedikit” terlambat. Tepatnya diputeran lagu terakhir dia dateng, dan kita nggak pake babibu langsung siaran bareng. Aku ngiranya bakalan kikuk, tapi ternyata Danan baik banget orangnya, asik juga, jadi suasana kikuk cuma pas di awal aja, seterusnya konyol. Kita nggak pernah kenal tapi nggak tau deh moro-moro bisa becandaan gitu, dia memang hebat, jago mencairkan suasana huhuu. Well dari pertemuan hari itu, yang aku tahu, Danan orang yang sangat care sama orang tua, perhatian, lucu, dan sangat menghargai sahabat. What a nice guy hahha.
Sesi siaran waktu itu bener-bener kerasa cepet banget. Tiba-tiba aja udah 2 jam dan udah selesai
acaranya. Selesai acara, aku langsung minta foto bareng Danan. Buat kenang-kenangan, siapa tahu besok Danan bakalan jadi presenter papan atas gitu kan? Hehe. Kira-kira jam 21.15 aku keluar dari ebs sama ibu. Aku kaget banget waktu diluar, karena aku diajak ngobrol sama Kang Deni. Dari obrolan itu, intinya Kang Deni bilang suaraku lumayan, nggak terlalu medok juga, terus aku diajakin untuk jadi penyiar, seminggu dua kali aja. Pada saat itu, senengnya bukan main!
Bayangin, dari SMP aku udah pengen jadi penyiar, dan sekarang, aku dapet tawaran untuk jadi penyiar. Ini kayak mimpi yang jadi nyata! Waktu itu aku nggak bisa nyembunyiin rasa senengku, sepanjang perjalanan aku senyum-senyum terus. Aku cerita ke ibu tentang gimana perasaanku saat itu. Aku deg-degan, aku jingkrak-jingkrak!
Tapi well, readers, kamu tahu, hidup itu pilihan. Disitu aku dihadapkan dengan 2 pilihan, jadi penyiar, atau sekolah dengan baik. Impian masa kecilku, atau nilai-nilai rapotku. Membuat Lusi tersenyum bangga, atau membuat ibuku menangis bahagia melihatku lulus dengan nilai luar biasa.
Selama seminggu setelah kejadian itu, aku  bimbang. Sampai akhirnya aku memutuskan, aku harus mengutamakan sekolahku, waktu istirahatku, dan jadwal belajarku.  Aku  mau membuat orang yang membesarkanku dapat tersenyum bangga dengan semua hasil perjuanganku sekolah selama 11 tahun belakangan.
Kalau aku udah sebesar Danan, mbak Yuris, aku mau jadi kayak mereka. Aku mau jadi kayak Jhagad. Aku mau, aku bisa mewujudkan mimpiku waktu aku kecil. Aku mau, bikin Lusi bangga, aku mau suaraku didengar, aku mau memberi solusi untuk permasalahan-permasalahan listener, aku mau aku bisa memberi inspirasi untuk banyak orang. Aku mau.
Terima kasih buat mbak Yuris, yang udah sangat ramah menerima aku di ebs waktu aku main-main, dulu. Thanks a bunch untuk Kang Deni yang membuat kepercayaan diriku semakin tinggi hehe.  Makasih banyaak Danan, yang udah jadi orang yang sangat baik dan supel.
Terima kasih untuk Jhagad, orang yang sudah menginspirasi aku, terima kasih untuk membuatku berani bermimpi untuk jadi seperti dia, suatu hari nanti. :’)

Lihat juga: scrapbook buatanku :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

3 Comments:

Unknown mengatakan...

bagus tooo:))) semoga tercapai yaa:))

mylittlenotesofatikahayu.blogspot.com mengatakan...

Amin jebi, minta doanya supaya toto sukses jalanin semua misi kehidupan trs bs dpt apa yg toto inginkan ;)

Unknown mengatakan...

jadi ingat waktu malam sesi curhat bersama rudy_electric, haha flash back moment

Posting Komentar