ipa5 astagaaaa -____-

Surabaya, 19 Apri l 2013

Taraaam! ini teman-teman kelasku, super sekali Bayangkan, CUMA 17 ORANG YANG MASUK! PADAHAL INI KELAS IPA! Padahal aslinya ada 31 orang. ckck
Hari ini yang masuk : Aku, Niken, Mahda, Fiana, Mahayu, Fifi, Herera, Margie, Ayu, Lintang, Yasmitha, Medwin, Aji, Mumu, Bagas, Bonti, dan Sinyo

Kelasku memang isinya super-super, super sibuk semua. Hampir semua anak basket ada di kelasku, ketua MPK, ketua OSIS, ketua PASKI, ketua basket, ketua Padus, ketua Web design, model, dan masih banyak lagi orang-orang sibuk lainnya. Jadi ga heran kalau kelasku nggak pernah NIHIL. Semua guru sampai berdoa, berharap bisa menyaksikan 1 hari aja kelasku itu NIHIL. Mereka pasti bakalan selebrasi, begitu juga dengan anak2 sekelas. :D
Kita pernah janji, nanti kalo NIHIL, kita bakalan foto bareng, selebrasi besar2an, dan bikin perayaan. Alay kan? Tapi emang beneran, harapan terbesar kami adalah sekali saja merasakan NIHIL, seperti yang biasa terjadi di kelas-kelas IPA normal pada umumnya. T.T


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

yay!


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Gowes dan Puisi Bahasa Indonesia

Surabaya, 9 April 2013

Pelajaran Bahasa Indonesia!
Bu Mufidah masuk ke kelas dan langsung meminta kami memikirkan 1 kata yang istimewa, tetapi tidak menggunakan imbuhan, yang pasti menggambarkan isi hati. :D
Per anak harus maju dan menuliskan kata favoritnya di papan tulis. 
Ini kata-kata kami: dia, ibu, senang, hati, menang, klorofil, suka, cinta, sedih, botak, diam, palang, kerja, buang, tulus, lapar, permen, bahagia, pusing, hidup, risau, putih, putus, setia, pupus, pintar, masuk, mitos
Tiba-tiba, bu Mufidah meminta kami memilih 12 kata dari kata-kata di atas lalu merangkainya menjadi puisi, tidak boleh ditambahi kata imbuhan maupun kata baru, hanya boleh ditambahi tanda baca saja. WOW! Cukup membingungkan. :D
Dan ini dia hasilnya...

Dia
Dia = Hati
Putih, Tulus
Dia = Hati
Cinta, Setia
Menang, dia senang
Sedih, dia risau
Dia = Cinta
Dia ibu
-Atikah Ayu Taqiyyah-

Puisi di atas itu buatanku :D 
Kalau puisi-puisi di bawah ini adalah karya teman-teman, yang masuk nominasi puisi lucu:

Patah Hati
Cinta tulus = hidup bahagia
Cinta pupus = risau hati
Mitos BUANG CINTA
-Raka Anindita Pradana-

Kesenangan Sesaat
Cinta ibu?
Senang ibu?
Hidup bahagia ...
Suka permen?
Cinta permen?
Hidup risau ...
-M. Rizal-

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Daftar Pustaka Karya Tulis Ilmiah Saya


DAFTAR PUSTAKA

K. Mihardja, Achdiat. 1949. Atheis. Jakarta : Balai Pustaka

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Daftar Isi Karya Tulis Ilmiah


DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN ………………………………………………………………. iii
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………. iv
MOTTO …………………………………………………………………………………... v
PERSEMBAHAN ………………………………………………………………………...  vi
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………...  vii
BAB I – PENDAHULUAN ……………………………………………………………… 1
1.1. LATAR BELAKANG ……………………………………………………………….. 1
1.2. RUMUSAN MASALAH ……………………………………………………………. 3
1.3. TUJUAN …………………………………………………………………………….. 3
1.4. MANFAAT ………………………………………………………………………….. 3
BAB II – KAJIAN PUSTAKA …………………………………………………………... 5
2.1. SINOPSIS …………………………………………………………………………..... 6
2.2. TEMA ………………………………………………………………………………...  6
2.3. TOKOH DAN PENOKOHAN ……………………………………………………… 7
        2.3.1. TOKOH ……………………………………………………………………….. 7
                  2.3.2.1. TOKOH PROTAGONIS ………………………………………...…... 7
                  2.3.2.2. TOKOH ANTAGONIS …………………………………………...…. 8
                  2.3.2.3. TOKOH TRITAGONIS …………………………………………....... 8
        2.3.2. PENOKOHAN ………………………………………………………………... 8
2.4. PLOT / ALUR ………………………………………………………………………..  9
        2.4.1. EKSPOSISI …………………………………………………………………… 9
        2.4.2. KOMPLIKASI / PERMULAAN KONFLIK …………………………………            10
        2.4.3. PENANJAKAN KONFLIK ………………………………………………….. 10
        2.4.4. KLIMAKS …………………………………………………………………….  10
        2.4.5. PENYELESAIAN …………………………………………………………….. 10
2.5. LATAR / SETTING ………………………………………………………………….  11
2.6. SUDUT PANDANG ………………………………………………………………… 11
      2.6.1. POSISI PENGARANG DALAM MEMBAWAKAN CERITA ………………            11
      2.6.1.1. BERPERAN LANGSUNG SEBAGAI ORANG PERTAMA ………………            11
2.6.1.2. HANYA SEBAGAI ORANG KETIGA YANG BERPERAN                     
            SEBAGAI PENGAMAT ……………………………………………………..  12
2.7. AMANAT …………………………………………………………………………… 12
BAB III – METODOLOGI PENELITIAN ……………………………………………….            13
3.1. PENDEKATAN PENELITIAN ……………………………………………………... 13
3.2. OBJEK PENELITIAN ………………………………………………………………. 14
3.3. TEKNIK PENGUMPULAN DATA ………………………………………………...  14
      3.3.1. DATA …………………………………………………………………………..  14
      3.3.2. SUMBER DATA ……………………………………………….......................  15
               3.3.2.1. SUMBER DATA PRIMER…..………………………………………...  15
               3.3.2.2. SUMBER DATA SEKUNDER ……………………………………….. 15
               3.3.2.3. TEKNIK PENGUMPULAN DATA …………………………………... 16
               3.3.2.4. TEKNIK ANALISIS DATA …………………………………………... 16
3.4. SISTEMATIKA PENULISAN ……………………………………………………… 17
BAB IV – PEMBAHASAN ……………………………………………….......................  18
4.1. SINOPSIS ………………………………………………............................................ 19
4.2. TEMA ……………………………………………….................................................. 21
4.3. TOKOH DAN PENOKOHAN ………………………………………………............ 22
        4.3.1. TOKOH ………………………………………………....................................  22
                  4.3.2.1. TOKOH PROTAGONIS …………………………………………….. 22
                  4.3.2.2. TOKOH ANTAGONIS ……………………………………………… 23
                  4.3.2.3. TOKOH TRITAGONIS ……………………………………………... 24
        4.3.2. WATAK / PENOKOHAN ……………………………………………………. 25
                  4.3.2.1. WATAK TOKOH PROTAGONIS (HASAN) ……………………… 25
                  4.3.2.2. WATAK TOKOH ANTAGONIS (ANWAR) ………………………. 28
                  4.3.2.2. WATAK TOKOH TRITAGONIS ………………………………….. 30
                              4.3.2.2.1. RUSLI ……………………………………………………... 30
                              4.3.2.2.2. KARTINI ………………………………………………….. 33
4.4. PLOT / ALUR ………………………………………………………………………..  34
      4.4.1. EKSPOSISI ………………………………………………...............................  35
      4.4.2. KOMPLIKASI / PERMULAAN KONFLIK …………………………………..            36
      4.4.3. PENANJAKAN KONFLIK …………………………………………………… 36
      4.4.4. KLIMAKS ……………………………………………………………………... 37
      4.4.5. PENYELESAIAN ……………………………………………………………... 37
4.5. LATAR / SETTING ………………………………………………………………….  37
      4.5.1. LATAR TEMPAT ……………………………………………………………...  37
      4.5.2. LATAR WAKTU ………………………………………………………………  39
      4.5.3. LATAR SUASANA………………………………………………...................  40
4.6. SUDUT PANDANG ………………………………………………........................... 42
4.7. AMANAT ………………………………………………...........................................  43
BAB V – SIMPULAN DAN SARAN ………………………………………………........ 44
5.1. SIMPULAN ………………………………………………........................................  44
5.2. SARAN ………………………………………………...............................................  46
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………................................   xii

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Halaman Persembahan Karya Tulis Ilmiah Saya


Teruntuk sahabat-sahabatku dan generasi muda

yang terus dan terus berjuang meraih mimpi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Motto Karya Tulis Ilmiah Saya


Apapun yang kan terjadi, jangan pernah kau berhenti
Jika memang harus memilih, jadikan ini yang terbaik

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah


KATA PENGANTAR

            Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja Sebagai Kajian Unsur Intrinsik”. Meskipun banyak hambatan yang saya alami dalam proses pengerjaannya, tetapi saya berhasil menyelesaikan tugas ini dengan baik.
            Dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini, saya berusaha untuk melakukan yang terbaik demi menghasilkan karya tulis yang layak untuk dibaca, memiliki pendasaran yang logis, dan mudah dipahami oleh para pembaca.
Semoga karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembimbing, pembaca, dan masyarakat. Saya memahami bahwa tiada karya yang sempurna, sehingga saya tidak memunafikkan bahwa karya ini tidak memiliki kekurangan. Oleh karena itu, saya sebagai penulis menerima kritik dan saran dari para pembaca untuk penyempurnaan dalam karya tulis selanjutnya. Terima kasih.

Surabaya, 16 Maret 2013
                                                                                                                           Penulis

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Halaman Pengesahan Karya Tulis Ilmiah


HALAMAN PENGESAHAN

Karya tulis ilmiah yang berjudul Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja sebagai Analisis Unsur Intrinsik disahkan pada Tanggal ..................................
Oleh:
     Wali Kelas XI-IPA 5                                                                       Guru Pembimbing


   Mochammad Harun, S.Pd                                                               Dra. I. Mufidah, M.Pd
 NIP 19760518 200604 1 021                                                         NIP 19650927 199202 2 003

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Cover Dalam Karya Tulis Ilmiah


NOVEL ATHEIS KARYA ACHDIAT K. MIHARDJA SEBAGAI ANALISIS
UNSUR INTRINSIK
KARYA TULIS ILMIAH SEBAGAI TUGAS AKHIR BIDANG STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA










ATIKAH AYU TAQIYYAH
XI – IPA 5
12180

SMA NEGERI 16 SURABAYA

2013

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Cover Luar Karya Tulis Ilmiah


NOVEL ATHEIS KARYA ACHDIAT K. MIHARDJA SEBAGAI ANALISIS
UNSUR INTRINSIK
KARYA TULIS ILMIAH SEBAGAI TUGAS AKHIR BIDANG STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA




ATIKAH AYU TAQIYYAH
XI – IPA 5
12180

SMA NEGERI 16 SURABAYA

2013

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Karya Tulis Ilmiah Bab V


BAB V
PENUTUP

5.1. Simpulan
Jadi, unsur intrinsik dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja meliputi:
5.1.1. Tema
Tema dari novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah tentang kehidupan seseorang yang dalam pemahaman agamanya masih setengah-setengah sehingga mudah terpengaruh oleh paham lain dan lingkungan di sekitarnya.
5.1.2. Tokoh dan Penokohan
Tokoh-tokoh dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah sebagai berikut:
5.1.2.1. Tokoh Protagonis (Hasan)
Watak Hasan dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah meliputi: (1) pemalu, (2) tidak memiliki pendirian, (3) pencemburu, dan (4) emosional.
5.1.2.2. Tokoh Antagonis (Anwar)
Watak Hasan dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah meliputi: (1) menganggap dirinya adalah Tuhan, (2) tidak sopan, dan (3) selalu ingin menjadi pusat perhatian.

5.1.2.3. Tokoh Tritagonis
5.1.2.3.1. Rusli
Watak Rusli dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah meliputi: (1) tidak percaya dengan adanya Tuhan, (2) cerdas, dan (3) pandai berbicara,
5.1.2.3.2. Kartini
Watak Kartini dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah meliputi: (1) gaya hidup kebarat-baratan dan (2) menginginkan kebebasan.
5.1.3. Alur / Plot
Novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja merupakan novel dengan alur campuran
5.1.4. Latar
5.1.4.1. Latar Tempat
Latar tempat dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja meliputi: (1) Kampung Panyeredan, (2) Loket di Kotapraja, (3) Rumah Bibi Hasan, (4) Rumah Rusli / Kebon Manggu 11, dan (5) Rumah Kartini / Lengkong Besar 27.
5.1.4.2. Latar Waktu
Latar waktu dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja meliputi: (1) 1 Oktober 1942 dan (2) 15 Februari 1943.
5.1.4.3. Latar Suasana
Latar tempat dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja meliputi: (1) penyesalan, (2) bahagia, dan (3) menegangkan.
5.1.5. Sudut Pandang
Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam novel Atheis adalah sudut pandang pertama pelaku utama.
5.1.6. Amanat
Amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui novel Atheis adalah jangan sampai keimanan kita tergadaikan hanya karena cinta dan lingkungan pergaulan semata.
5.2. Saran
Penulis menyarankan kepada para penikmat karya sastra untuk membaca novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja, karena novel tersebut sangat inspiratif, dan meskipun novel tersebut ditulis tahun 1949, tetapi isinya sangat sesuai dengan kondisi mayoritas masyarakat beragama di Indonesia yang memperoleh pendidikan agama secara doktriner.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

Karya Tulis Ilmiah Bab IV

BAB IV
PEMBAHASAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK KARYA SASTRA
DALAM  NOVEL ATHEIS KARYA ACHDIAT K. MIHARDJA

            Dala pembahasan kali ini, penulis akan membahas tentang unsur intrinsik dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja. Penulis memilih novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja karena penulis merasa novel tersebut memiliki banyak hal menarik. Pertama, dalam novel ini menceritakan tentang kisah hidup seseorang yang menganut Islam yang terbiasa mendapat pengajaran agama secara doktrin, sehingga ketika ia dihadapkan pada paham lain, ia tidak dapat menampik atau mematahkan paham tersebut, dan semakin lama keimanannya justru menjadi semakin goyah. Hal tersebut banyak terjadi pada kehidupan manusia beragama di Indonesia. Metode yang digunakan para pendidik atau gurunya dalam mengajarkan agama adalah metode doktrin, sehingga kebanyakan dari mereka tidak benar-benar memahami tentang agamanya, ketika mereka dihadapkan pada sebuah perdebatan mengenai paham baru, mereka tidak dapat mematahkan argumen lawan bicaranya, dan mereka menjadi semakin mudah terpengaruh pada paham yang lain. Kedua, dalam novel Atheis tidak hanya menceritakan mengenai agama, tetapi juga mengenai dilema percintaan dan keluarga. Dalam novel Atheis dikisahkan bahwa Hasan mencintai Rukmini, tetapi orangtua Hasan tidak setuju karena Rukmini berasal dari keluarga terpandang, sementara orang tua Hasan menginginkan Hasan menikah dengan wanita yang biasa saja. Sehingga mereka terpaksa berpisah dan Rukmini akhirnya dinikahkan dengan pria lain oleh orang tuanya. Lalu Hasan mencintai Kartini, tetapi orangtua Hasan juga tidak setuju karena Kartini adalah seorang atheis. Hasan terlibat adu mulut dengan ayahnya, tetapi karena kecintaannya kepada Kartini, Hasan lebih memilih untuk menikah meskipun tanpa restu dari kedua orangtuanya. Namun rumah tangga mereka tidak berjalan harmonis. Banyak terjadi pertengkaran karena berbagai hal. Hingga akhirnya mereka berdua memutuskan untuk bercerai.
3.1. Sinopsis Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
Hasan adalah seorang pemuda yang lahir dari keluarga yang fanatik terhadap agama Islam. Ia tumbuh menjadi pemuda yang taat beribadah, lugu, patuh, dan sangat berbakti pada kedua orang tuanya. Saat Hasan beranjak dewasa, ia melanjutkan sekolahnya ke Bandung. Di Bandung ia berkenalan dengan Rukmini dan menjalin hubungan dengannya, tetapi kedua orang tua mereka tidak menyetujui hubungan tersebut. Rukmini dinikahkan dengan orang lain dan sejak saat itu Hasan lebih berfokus untuk ibadah agar ia bisa lebih dekat dengan sang pencipta. Ia pun mengikuti jejak ayahnya yang menganut ilmu tarekat.
Saat ia sedang bekerja, Hasan bertemu dengan Rusli yang merupakan sahabat lamanya. Ia melihat seorang gadis cantik yang mempesona di samping Rusli. Gadis itu bernama Kartini. Kartini adalah seorang janda. Dahulu ia dinikahkan paksa oleh kedua orang tuanya dengan seseorang yang sudah sangat tua tetapi lelaki tersebut sangatlah kaya, sehingga saat Kartini bercerai dari lelaki tua tersebut, ia membawa banyak warisan. Mulai saat itu pun Kartini berniat untuk menjadi seorang wanita yang tegar dan tangguh. Kartini dan Rusli memang sangat akrab, namun hanya sebatas hubungan kakak dan adik saja. Kartini menganggap Rusli adalah orang yang dapat melindunginya.
Sejak pertemuannya tersebut Hasan mulai menaruh hati pada Kartini, ia pun mulai senang untk berkunjung ke rumah Rusli hanya untuk sekedar bertanya tentang Kartini. Semakin sering Hasan bertemu dengan Rusli dan Kartini, Hasan semakin memahami tentang cara berpikir kedua orang itu, dan ia tahu bahwa Rusli dan Kartini tidak percaya adanya Tuhan. Di setiap pembicaraan mereka, Hasan selalu tidak bisa mengedalikan diri saat argumen-argumen yang dikeluarkan Rusli logis adanya. Namun, akhirnya ia menyimpulkan untuk membantu Rusli dan Kartini ke jalan yang benar. Namun usaha Hasan gagal, dan menjadi semakin parah ketika Hasan juga berkenalan dengan teman Rusli yang lain, yakni Anwar. Anwar adalah seorang atheis yang pandai. Karena kepandaian Anwar mempengaruhi Hasan, akhirnya Hasan mulai terpengaruh. Kesalehan yang selama ini melekat dalam dirinya perlahan-lahan luntur. Ia mulai meragukan keberadaan Tuhan dan mulai tidak taat beribadah. Kedua orang tua Hasan mengetahui hal tersebut dan mereka merasa sangat kecewa pada Hasan, mereka mengusir Hasan dari rumah. Kepercayaannya terhadap tuhan benar–benar luntur saat ia menjalin hubungan dengan Kartini.
Di mata Hasan, sosok Kartini sangat mirip dengan Rukmini. Hasan dan Kartini pun akhirnya menikah meskipun tanpa restu orang tua. Pernikahan dipahami Hasan sebagai perasaan suka sama suka. Pernikahan Hasan dan Kartini selalu diwarnai dengan pertengkaran. Sikap Kartini yang menganut faham kebebasan membuat Hasan tidak terima dan menganggap Kartini sebagai seorang wanita yang tidak bisa menghargai suaminya. Ia pun seringkali memukuli Kartini karena kecemburuannya terhadap sikap Kartini dan Anwar. Hasan merasa bahwa di belakangnya, istrinya tersebut berselingkuh dengan Anwar. Kartini tetap saja mengelak. Hingga pada akhirnya mereka pun bercerai. Karena persoalan-persoalan inilah Hasan kembali membutuhkan kekuatan Tuhan. Kesadaran inilah yang membuat Hasan merasa berdosa tidak hanya kepada orangtuanya tetapi juga kepada Allah. Ia menyesal telah meninggalkan nilai-nilai keagamaan dalam dirinya.
Setelah ia bercerai dengan Kartini ia pun pulang ke rumahnya. Untuk bertemu dengan kedua orang tuanya dan meminta maaf atas apa yang telah ia perbuat. Ia ingin bersujud di kaki ayahnya yang ternyata tengah sakit parah. Ayahnya tidak sudi dan tidak menerima semua permintaan maaf yang Hasan ucapkan. Ia pun menyuruh Hasan untuk pergi dari rumahnya.
Lalu saat ia pergi ke sebuah hotel ia mendapatkan fakta bahwa pada hari saat ia dan istrinya bertengkar, dan istrinya kabur dari rumah. Anwar dan Kartini berada dalam satu kamar. Semakin memuncak kemarahannya saat ia mengetahui bahwa istrinya berusaha menolak Anwar seperti yang diucapkan oleh pelayan di hotel tersebut. Ia pun pergi mencari Anwar hingga tengah malam. Ia tidak sadar bahwa saat itu telah terjadi jam malam sehingga ia pun tertembak oleh peluru yang menembus punggungnya. Ia pun tewas di tempat kejadian dengan penuh rasa sesal.
3.2. Tema Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
            Tema dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah tentang kehidupan seseorang yang dalam pemahaman agamanya masih setengah-setengah sehingga mudah terpengaruh oleh paham lain dan lingkungan di sekitarnya. Hal ini dibuktikan dalam novel yang menceritakan bahwa Hasan adalah seorang pemuda yang taat memeluk agama Islam, melaksanakan syari’at bahkan mendalami ilmu tarikat. Namun cara mendidik yang dilakukan oleh orangtua dan guru-guru Hasan adalah secara doktriner. Apapun yang dikatakan orangtua dan guru adalah sesuatu yang benar, tidak perlu diragukan apalagi dipertanyakan alasannya, karena memang sudah seperti itu hukumnya. Sehingga Hasan tumbuh menjadi orang yang taat, tetapi tidak paham benar tentang agamanya. Ketika ia bertemu dan berdebat dengan teman-temannya yang tidak mempercayai adanya Tuhan, yakni Rusli, Kartini, dan Anwar, Hasan tidak dapat berkata apa-apa, ia tidak dapat mematahkan penjelasan mereka, dan justru ia semakin terpengaruh dengan mereka. Akhirnya ia pun menjadi seorang atheis.
3.3. Tokoh dan Penokohan dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
3.3.1. Tokoh dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
Berikut ini adalah tokoh-tokoh dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja:
3.3.1.1. Tokoh Protagonis dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
Dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja, yang berperan sebagai tokoh protagonis adalah Hasan. Selain itu, Hasan juga menjadi tokoh utama dalam novel Atheis. Hal ini dibuktikan dengan cerita yang ada dalam novel, seluruhnya menceritakan tentang perjalanan hidup Hasan, mulai ia kecil hingga ia wafat. Di novel juga menceritakan tentang kegamangan Hasan akan kebenaran agama. Semula ia adalah seorang muslim taat. “…Pada usia lima tahun aku sudah dididik dalam agama. Aku sudah mulai diajari mengaji dan sembahyang…” (Mihardja, 1949:21). Namun di tengah perjalanan hidupnya, ia bertemu kembali dengan Rusli, sahabat lamanya. Dari pertemuan itu, ia menemukan teman baru yakni Kartini dan Anwar. Mereka bertiga tidak percaya dengan adanya Tuhan. Mereka mempengaruhi Hasan dan Hasan pun akhirnya terpengaruh dengan mereka dan paham-paham yang mereka anut. Namun menjelang kematiannya, ia tersadar bahwa ia sangat membutuhkan Tuhan dan agama untuk menjadi pegangan hidupnya. Pada akhirnya ia merasa tanpa agama hidupnya menjadi tidak terarah dan berantakan.

3.3.1.2. Tokoh Antagonis dalam Novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja
Dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja, yang berperan sebagai tokoh antagonis adalah Anwar. Anwar adalah seorang seniman anarkis dan nihilis yang merasakan dirinya sebagai Tuhan. Dia terkenal sebagai seorang yang bermulut besar, bersikap tak setia, dan mudah mempermainkan wanita.
“…Akan tetapi, entahlah, terhadap Anwar itu, sejak mulai berkenalan di restoran dulu, tidak pernah aku menaruh perasaan simpati kepadanya. Selalu ada semacam penghalang di antaraku dengan dia itu, sekalipun tidak bisa dengan pasti kukatakan, apakah yang menjadi penghalang itu: benci, iri, dengki, cemburu? Entahlah mungkin salah satunya, mungkin pula semuanya. Mungkin juga hal itu dilantarankan, karena kesan pertama daripada dia kepadaku sudah menimbulkan perasaan yang tidak enak, yaitu jilatan matanya kepada Kartini dan segala gerak-geriknya, sampai-sampai kepada sikapnya mengemukakan dirinya sebagai Tuhan…” (Mihardja, 1949:170).
            Dalam kutipan di atas dijelaskan bahwa tokoh “aku” atau Hasan menceritakan tentang perasaannya yang kurang simpati pada Anwar. Ia merasa bahwa Anwar bukanlah orang yang baik, karena ia melihat wanita dengan tidak sopan dan gerak-geriknya yang mencurigakan.
Setelah Hasan dan Kartini menikah, kecurigaan Hasan terhadap Anwar menjadi semakin bertambah. “…Itulah, maka aku tetap curiga terhadap Anwar itu, dan tidak suka aku melihat istriku bergaul dengan dia…” (Mihardja, 1949:128). Ternyata Anwar menaruh hati pada Kartini dan ia selalu mengganggu kehidupan rumah tangga Hasan dengan Kartini dengan berbagai hal. Mulai dari sering mengajak Kartini makan di restoran hingga larut malam, mengirim surat kaleng yang intinya memfitnah Hasan, dan banyak hal lain hingga akhirnya ia berhasil merusak rumah tangga keduanya.
3.3.1.3. Tokoh Tritagonis dalam Novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja
Dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja, yang berperan sebagai tokoh tritagonis adalah Rusli dan Kartini.
3.3.1.3.1. Rusli
Rusli adalah sahabat kecil Hasan yang bertemu lagi di Bandung. Ia adalah tokoh awal yang memperkenalkan Hasan pada Kartini. “…"Eh perkenalkan dulu, adikku, Kartini (menoleh kepada perempuan itu). Tin! Tin! Perkenalkan, ini Saudara Hasan, teman sekolahku dulu."…” (Mihardja, 1949:37). Pertemuan antara kedua sahabat lama, yakni Hasan dan Rusli di Kotapraja merupakan awalan dari seluruh cerita dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja.
Ia juga memperkenalkan Hasan pada paham-paham Marxisme, atheis, dan banyak hal yang sangat kontras dengan jiwa Hasan. Awalnya Hasan selalu menampik paham yang dilontarkan oleh Rusli, tapi lama kelamaan ia tertarik dan setuju dengan paham-pahamnya karena ia merasa paham tersebut sangat berbeda dengan doktrin dan dengan adanya paham-paham tersebut pikirannya jadi berkembang, ia bisa menggunakan akal dan menjadi manusia yang sebenar-benarnya.
3.3.1.3.2. Kartini
            Kartini adalah seorang gadis cantik yang bernasib kurang beruntung. Ia dipaksa untuk menikah dengan laki-laki tua yang kaya raya. Lalu Rusli datang dan menyelamatkan hidupnya, memotivasinya hingga akhirnya ia bisa bangkit kembali. Kartini adalah seorang atheis dan gaya hidupnya sangat modern.
Tokoh Kartini adalah tokoh tritagonis yang mendukung tokoh protagonis. Ia mencintai Hasan bahkan meminta Hasan untuk melindungi dirinya. “…"Lindungilah daku," bisiknya, meletakkan kepalanya di atas dadaku…” (Mihardja, 1949:165). Setelah peristiwa itu, mereka pun menikah.
3.3.2. Penokohan / Watak dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
Setiap tokoh pasti mempunyai watak. Berikut ini adalah uraian dari watak-watak tokoh dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja:
3.3.2.1. Watak Tokoh Protagonis dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
Tokoh protagonis dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah Hasan. Watak Hasan dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah sebagai berikut:
3.3.2.1.1. Pemalu
Salah satu watak Hasan dalam novel Atheis adalah pemalu. Sifat itu dijelaskan dalam novel Atheis secara eksplisit. “…Tapi… harapan apa? Kabur-kabur rasanya masih. Nampaklah perasaanku itu kepada Rusli? Entahlah. Kemudian aku merasa malu terhadap dia, seakan-akan sudah pasti bagiku, bahwa Rusli itu sudah bisa menjenguk ke dalam hati sanubariku melihat apa isinya pada saat itu.” (Mihardja, 1949:43). Kutipan tersebut menjelaskan tentang perasaan malu Hasan karena ia merasa Rusli menyadari akan perasaannya kepada Kartini. Ia memendam rasa pada Kartini tapi ia tidak berani untuk mengungkapkannya, karena ia merasa Kartini adalah wanita yang terlalu cantik da terlalu sempurna untuk bisa mendampinginya.


3.3.2.1.2. Tidak Memiliki Pendirian
            Hasan dibesarkan dalam keluarga kecil yang menganut agama Islam. Ayahnya adalah seorang penganut ilmu tarikat, begitu juga dengan ibunya. Ia tumbuh dalam lingkungan yang benar-benar Islami hingga menjadikannya seorang Islam taat. Meskipun menjadi seorang Islam taat, ia tidak benar-benar memahami tentang agama Islam. Ia terbiasa didoktrin dan tak pernah mempertanyakan tentang apa yang diajarkan, sehingga ia tidak benar-benar mengerti. Dalam perjalanan hidupnya ia bertemu dengan Rusli, Kartini, dan Anwar. Mereka bertiga tidak percaya akan adanya Tuhan. Rusli menjelaskan kepada Hasan tentang pembentukan bumi yang semuanya berasal dari reaksi kimia bukan dari Tuhan. “…Aku tidak percaya! Tidak boleh percaya! Tentulah saja semua uraiannya itu diambilnya dari buku-buku bikinan orang-orang yang murtad, yang kapir! Demikianlah seakan-akan hatiku mencetus dengan tiba-tiba. Akan tetapi sekeras-kerasnya hatiku bersuara demikian, suara lain tersisip-sisip juga menyelinap ke dalam kesadaran seperti pelembungan-pelembungan air merembes dari bawah ke atas. Selidikilah dan pelajarilah saja dulu...” (Mihardja, 1949:2). Ia tidak percaya. tapi ia juga penasaran dengan paham itu.
Ia pun menyelidikinya dan beberapa bulan kemudian ia mulai terpengaruh dengan paham-paham yang dilontarkan oleh Rusli padanya. “…Empat bulan yang lalu aku masih meloncat dari kursiku mendengar tabuh berbunyi itu,» lekas-lekas bergegas ke kamar mandi mengambil air wudhu. Tapi sekarang aku tetap saja terpaku pada kursiku…” (Mihardja,1949:157). Ia tidak lagi merasa gelisah ketika meninggalkan shalat, ia tak lagi peduli dengan shalat witir, dan mengaji. Ia kini tak begitu membutuhkan Tuhan.
Namun terkadang ia masih sembahyang, hanya pada saat-saat tertentu. “…Sembahyang hanya kadang-kadang saja lagi kulakukan, yaitu apabila aku merasa terlalu berat tertimpa oleh tekanan kesedihan yang tak terpikul lagi oleh batinku. Puasa sama sekali sudah kupandang suatu perbuatan yang sesat. Dan tidak muntah-muntah atau merasa jijik lagi kalau makan-makan di restoran Cina…” (Mihardja, 1949:168). Saat ia benar-benar merasa susah, ia membangkitkan motivasi spiritualnya dengan melaksanakan shalat. Ia tak lagi menunaikan ibadah puasa dan tak lagi memedulikan makanan yang halal dan haram.
3.3.1.3. Pencemburu
Setelah bertengkar dengan orang tuanya, Hasan memilih untuk meninggalkan rumah, ia menjadi seorang atheis, dan ia memutuskan untuk menikah dengan Kartini, wanita yang sangat ia cintai. Pada awalnya hidupnya bahagia, tetapi seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya prahara yang menimpa rumah tangganya, ia menjadi seorang yang sangat mudah cemburu. “…maka makin hari makin tipislah pula kepercayaanku akan kejujuran cinta Kartini terhadap diriku…” (Mihardja, 1949:219). Rumah tangga yang tidak dilandasi saling percaya maka akan menjadi rumah tangga yang tidak harmonis. Begitu juga dengan kehidupan rumah tangga Hasan dan Kartini yang semakin hari semakin berantakan karena keduanya saling mencemburui.
3.3.1.4. Emosional
Kartini menemukan sebuah surat dalam buku Hasan. Surat itu berasal dari ayah Hasan. Dalam surat itu, ayah Hasan secara langsung menolak pernikahan mereka berdua dan menjelek-jelekkan Kartini. Kartini tidak terima, ia marah, dan balas menjelek-jelekkan ayah Hasan. “Akan tetapi sebaliknya, pun aku sangat mudah naik darah. Memang, aku berada dalam perselisihan dengan orang tuaku, tapi entahlah, kalau ada orang lain, sekalipun itu istriku, yang berani mengejek-ejek atau menghina mereka, maka marahlah aku, walaupun yang diejekkannya itu adalah sesuatu pendirian orang tua yang kutentang pula.” (Mihardja, 1949:223). Permasalahan rumah tangga Hasan dan Kartini dimulai dari surat tersebut, hingga berlanjut ke banyak permasalahan lain.
Kehadiran Anwar dalam kehidupan rumah tangganya menjadikan Hasan semakin naik pitam dan mudah emosi. Ditambah lagi dengan gaya hidup Kartini yang tidak suka dikekang. Ia suka pulang larut malam dan kebetulan di malam itu Kartini pulang bersama dengan Anwar. Hal itu membuat Hasan semakin marah dan membuat Kartini semakin ketakutan, Kartini sembunyi di dalam kamar dan mengunci kamarnya. Hasan menggedor hingga akhirnya pintu dibuka oleh Kartini.  “Baru saja pintu itu setengah terbuka, aku sudah menubruk ke dalam seperti seekor harimau yang sudah lapar mau menyergap mangsanya. Tar! Tar! Kutempeleng Kartini.” (Mihardja, 1949:229). Kartini tak berdaya. Tetangga-tetangga yang melihat kejadian tersebut tak tega, tetapi mereka juga tak berani menolong Kartini. Hasan menyiksa Kartini hingga ia kesakitan.
3.3.2.2. Watak Tokoh Antagonis dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
Tokoh antagonis dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah Anwar. Watak Anwar dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah sebagai berikut:
3.3.2.2.1. Menganggap Dirinya adalah Tuhan
Anwar hampir sama dengan Rusli dan Kartini, mereka atheis. Pada awalnya ia mengatakan bahwa Tuhan hanyalah madat, tetapi kemudian ia mengatakan bahwa dirinya adalah Tuhan. “..“Tuhan itu adalah aku sendiri (telunjuknya sendiri menusuk dadanya). Dan bersama Kloos aku berkata. Ik ben een god in het diepst van mijn gedach-ten *)…" (tangannya melambai seperti seorang raja opera stambul terhadap rakyatnya)…” (Mihardja, 1949:138). Ia merasa bahwa ia adalah manusia yang lebih baik dari manusia-manusia lain, yang dapat melakukan apapun sesukanya, dan ia menyebut dirinya sendiri adalah Tuhan.
3.3.2.2.2. Tidak Sopan
Di sebuah restoran ia bertemu dengan Rusli, Hasan dan Kartini. Itu adalah pertemuan pertamanya dengan Kartini dan Hasan. Tiba-tiba ia tertarik dengan Kartini. Pandangannya ke arah Kartini sangatlah tidak sopan, sangat dipenuhi nafsu birahi. Hal ini diceritakan dalam cuplikan novel Atheis. “…Dalam bercakap-cakap itu kulihat dia berkali-kali melirik dengan ekor matanya ke arah Kartini, yang sedang tunduk membaca daftar makanan. Jilatan matanya itu tidak menyenangkan hatiku. Jilatan mata orang pelacuran…” (Mihardja, 1949:134).
Anwar bukanlah pria yang bisa menghargai dan memperlakukan wanita dengan baik. Ia mencintai Kartini, tetapi ia tidak menjaganya, ia justru ingin memiliki Kartini dengan cara yang tidak benar. Ia ingin tidur dengan Kartini saat Kartini masih menjadi istri Hasan. “…Tapi nafsu berahi Anwar terlalu kuat untuk memperhatikan segala ancaman Kartini itu. Maka ditariknya tangan Kartini, lalu pinggangnya dipeluknya lagi. Tapi licin seperti belut Kartini bisa melepaskan dirinya serta melompat keluar dari sudut yang sempit itu…” (Mihardja, 1949:277).
3.2.2.2.3. Selalu Ingin Menjadi Pusat Perhatian
Anwar adalah orang yang selalu ingin terlihat lebih menonjol disbanding tokoh yang lainnya. Ia sangat suka menjadi pusat perhatian orang-orang di sekelilingnya. Ia memiliki berbagai cara untuk menarik perhatian orang-orang di sekitarnya. “Kadang-kadang ia berdiri untuk memperlihatkan sesuatu sikap atau gerak yang berhubungan dengan apa yang sedang diceritakannya itu. Tentu saja para tamu lainnya pada menoleh kepadanya.” (Mihardja, 1949:134-135). Beberapa dari tamu yang tertarik pada cerita Anwar menoleh dan memperhatikannya. Menyadari hal itu, Anwar justru malah semakin bersemangat untuk menceritakannya, tentunya dengan disertai dengan berbagai ekspresi.
3.3.2.3. Watak Tokoh Tritagonis dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
Dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja terdapat dua tokoh tritagonis. Yang pertama adalah Rusli, sahabat Hasan di masa kecil. Yang kedua adalah Kartini, seorang janda jelita yang mampu membuat Hasan jatuh hati. Berikut ini adalah watak kedua tokoh tersebut:
3.3.2.3.1. Watak Rusli
3.3.2.3.1.1. Tidak percaya dengan Adanya Tuhan
Selama perjalanan hidupnya, Rusli telah mempelajari berbagai paham, terutama paham-paham yang berasal dari tokoh-tokoh terkemuka di luar negeri. Salah satunya adalah Marx. Ia adalah seorang Marxis Leninis. Ia sangat mencintai ilmu pengetahuan. Karena kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan, menyebabkan dirinya tidak mempercayai adanya Tuhan. “…“O ya, sebetulnya saya harus mulai dengan menyatakan, bahwa segala apa yang ada di dunia ini mengalami sesuatu proses kimia. Segala perobahan itu sebenarnya berarti perobahan kimia, berarti berlakunya proses kimia."…” (Mihardja, 1949:85). Ia meyakini bahwa penyebab dari terbentuknya bumi dan seisinya adalah karena proses kimia, bukan karena diciptakan oleh Tuhan.
Dalam sebuah perdebatan dengan Hasan, ia mengatakan bahwa Tuhan itu tidak ada. "Ah mengapa Saudara berkata begitu? Itu pikiran kolot. Tuhan tidak ada, Saudara!" (Mihardja, 1949:86). Bagi Rusli, orang yang mempercayai Tuhan adalah orang-orang yang kolot, yang merasa terlalu lemah hingga ia tidak dapat membentengi dirinya sendiri, dan merasa membutuhkan agama sebagai bentengnya dan Tuhan sebagai motivasi spiritualnya.
Setelah melalui perdebatan yang cukup panjang dengan Hasan, akhirnya Rusli mengakui bahwa ia benar-benar seorang atheis. “…Rusli tersenyum. Katanya, "Ya, kafir! Atau dengan kata asing disebut juga atheis. Memang banyak sekarang orang-orang atheis. Tidak percaya lagi kepada Tuhan atau agama."…” (Mihardja, 1949:88). Ia merasa Tuhan adalah hasil karya imajinasi manusia yang jiwanya rapuh. Ia menganggap Tuhan adalah hasil imajinasi masyarakat yang tidak sempurnya dan serba kekurangan.
3.3.2.3.1.2. Cerdas
Ia mempunyai pendidikan tinggi dan fasih berbicara, dia sering menggunakan untuk menang debat mengenai ideologi. Hal ini juga dijelaskan oleh tokoh Hasan dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja. “…Kepandaian Rusli terutama terletak dalam melukiskan dan mengupas watak para pelakunya dan dalam mengemukakan perkara kecil-kecil yang muskil, tapi yang sebetulnya merupakan cetusan-cetusan jiwa yang meletus ke luar dari "kesadaran bawah" (seperti menurut istilah Rusli) dari para pelakunya. Aku merasa tertarik oleh cara Rusli mengupas demikian itu.” (Mihardja,1949:83). Dalam kutipan tersebut dijelaskan secara gambling bahwa Rusli adalah tokoh yang sangat cerdas, pandai berbicara, dan bersifat persuasif.
Tak hanya itu, ia juga memiliki pendasaran yang sangat logis dan rasional. Salah satu buktinya adalah ketika ia menjelaskan bahwa manusia terbentuk dari proses kimia dan ia dapat menjelaskan tentang keyakinannya bahwa suatu hari nanti manusia dapat membuat nyawa sendiri.
"Juga manusia adalah sesuatu benda yang terdiri dari bermacam-macam unsur kimia, yang dengan sendirinya mengalami juga proses kimia. Dengan menggunakan ilmu kimia atau ilmu pisah kita akan bisa mengetahui semua bagian-bagian atau unsur-unsur yang menjadikan seorang manusia itu. Pada saat sekarang manusia belum sampai kepada pengetahuannya untuk mengetahui benar-benar, apakah sebetulnya nyawa itu. Kita baru bisa mengatakan, bahwa nyawa itu sangat halus. Dari unsur-unsur apa terjadinya nyawa itu? Tentu dari unsur-unsur yang sangat halus pula yang demikian halusnya, sehingga pada saat sekarang belum ada sesuatu alat bikinan manusia yang bisa memotretnya atau melihatnya seperti dengan sebuah mikroskop. Akan tetapi tidak mungkinkah bahwa sekali kelak manusia itu akan bisa juga membikin sesuatu alat yang bisa digunakan untuk memeriksa dan mengetahui benar-benar tentang Keadaan dan hakekat nyawa itu? Tahu akan unsur-unsurnya dan bagaimana proses kimianya dan sebagainya? Nah, tidak mungkinkah pula, bahwa manusia itu sekali kelak akan bisa menemui unsur-unsur yang belum ditemuinya di udara sekarang ini, unsur-unsur mana akan ternyata bisa kita ambil dan gunakan untuk membikin nyawa manusia?" (Mihardja,1949:85).
3.3.2.3.1.3. Pandai Berbicara
Kecerdasannya tidak hanya dalam wawasan sosial, tetapi juga kecerdasan dalam bersosialisasi dan menghadapi masyarakat. Ia sangat lihai berbicara dan mempropaganda orang lain. “Sesungguhnya, harus kuakui, bahwa Rusli itu adalah orang yang sangat pandai berbicara, terutama sekali oleh karena rupanya ia berhati-hati benar, supaya segala apa yang diuraikannya itu jangan sampai menyinggung hati orang lain…” (Mihardja, 1949:100). Dalam kutipan tersebut, Hasan menjelaskan bahwa Rusli adalah orang yang sangat cerdas dan sangat hati-hati dalam berbicara. Ia menguraikan pendapat-pendapatnya kepada lawan bicaranya yang memiliki paham yang sangat kontras dengannya. Namun ia dapat menyampaikan segala pendapatnya dengan sangat hati-hati agar tidak menyakiti hati lawan bicaranya.
Rusli adalah tokoh yang sangat persuasif. Ia dapat membuat orang-orang tertarik dengan topik yang ia bawakan. Ia membawakan topik pembicaraan dengan santai dan mudah difahami. Ia tidak pernah berlagak seperti seseorang yang sangat terpelajar. “…Orang suka sekali mendengarkan uraian-uraiannya, karena sangat jelas dan mudah difahami, juga oleh orang-orang yang tidak begitu terpelajar. Memang, tujuan Rusli pun bukan mengemukakan kepandaian dan pengetahuannya, melainkan semata-mata untuk memberi penerangan tentang cita-cita politik yang dianutnya. Tidak pernah ia berlagak-lagak memakai perkataan-perkataan asing…” (Mihardja, 1949:107).
3.3.2.3.2. Watak Kartini
3.3.2.3.2.1. Gaya Hidup Kebarat-Baratan
Sikap Kartini sangatlah menunjukkan bahwa ia bukanlah wanita yang menganut budaya ketimuran. Ia menganut budaya kebarat-baratan yang serba bebas dan tidak ada batasan antara laki-laki dan wanita. Terbukti bahwa ia tidak merasa canggung sedikitpun ketika keluar masuk ke kamar seseorang yang bukan muhrimnya. “Aku tercengang-cengang saja melihat semua itu. Ia masuk ke kamar. Kamar seorang laki-laki bujangan. Mimpikah aku? Atau bagaimana ini? .... Sungguh bebas ia! Terlalu bebas, menurut ukuranku…” (Mihardja,1949:50). Dalam kutipan tersebut, Hasan mengungkapkan tentang sikap Kartini yang sangat bebas. Ia dapat keluar masuk kamar pria dengan mudahnya tanpa merasa canggung sedikitpun.
Mayoritas wanita Indonesia adalah wanita yang sangat sopan, bertingkah laku lembut, dan menganggap rokok adalah hal yang tabu. Namun tidak dengan Kartini. Baginya merokok adalah hal yang sangat biasa. “…"Saudara Rusli tidak suka merokok sigaret. Ia lebih suka rokok kawung atau sek," kata Kartini, memasukkan rokoknya ke dalam mulut…” (Mihardja,1949:53). Tanpa rasa canggung, ia memasukkan rokok ke dalam mulut, menjepit sigaretnya dengan telunjuk dan jari tengahnya yang runcing itu, cara mengeluar-masukkan sigaretnya ke bibir dan terutama pula lenggak-lenggik tangannya yang berirama seperti serimpi, semakin menunjukkan bahwa ia sudah terbiasa merokok.
3.3.2.3.2.2. Menginginkan Kebebasan
Kartini telah mengalami banyak derita dalam kehidupannya. Ia pernah dipaksa menikah dengan lelaki tua yang tidak ia cintai, karena hal tersebut, ia merasa bahwa dunia sangatlah tak adil, memperlakukan wanita seenaknya dan benar-benar menganggap wanita sebagai barang murah yang bisa diperjual belikan dengan mudah, termasuk dengan kehormatan wanita. “…"Korban kapitalisme! Mereka sampai-sampai menjual kehormatannya, karena tak sanggup mencari sesuap nasi. Karena masyarakat terlalu bobrok, tak sanggup memberi pekerjaan yang halal kepada orang-orang yang malang itu! (mendesis-desis suaranya). Cih! Massssyyarakat bobrok kaya gini. Mana jaminan hidup untuk warganya!"…” (Mihardja, 1949:60).
3.4. Plot / Alur dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
            Alur dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah alur campuran. Hal ini dibuktikan dengan kisah dala novel tersebut yang diawali dengan cerita kematian Hasan, kemudian dilanjutkan dengan tokoh saya yang mengingat-ingat kejadian sebelum Hasan wafat. Hasan pernah menitipkan sebuah karangan padanya, ia membaca kembali karangan itu, dan cerita mengenai kehidupan Hasan pun dimulai.

2.4.1. Eksposisi atau perkenalan
Tokoh “aku” dalam novel adalah Hasan. Pada tahap awal, ia memperkenalkan keadaan lingkungan di masa kecilnya. “…Di lereng gunung Telaga Bodas di tengah-tengah pergunungan Priangan yang indah, terletak sebuah kampung, bersembunyi di balik hijau pohon-pohon jeruk Garut, yang segar dan subur tumbuhnya berkat tanah dan hawa yang nyaman dan sejuk. Kampung Panyeredan namanya. Kampung itu terdiri dari kurang lebih dua ratus rumah besar kecil…” (Mihardja, 1949:14). Masa kecilnya ia lewati di kamping Panyeredan di daerah Garut, sebuah daerah yang nyaman dan sejuk.
Kemudian ia memperkenalkan anggota keluarganya. “…Di salah sebuah rumah setengah batu itulah tinggal orang tuaku, Raden Wiradikarta. Ia seorang pensiunan manteri guru. Dengan pensiunnya yang besarnya hanya enam puluh rupiah, ia bisa hidup sederhana di kampung itu…” (Mihardja, 1949:15). Ayahnya adalah orang biasa yang hidupnya sangat sederhana. Beliau adalah seorang pensiunan guru.
Ia menceritakan bahwa keluarganya sangatlah relijius. “…Ayah dan ibuku tergolong orang yang sangat saleh dan alim. Sudah sedari kecil jalan hidup ditempuhnya dengan tasbeh dan mukena. Iman Islamnya sangat tebal…” (Mihardja, 1949:16). Kedua orang tuanya sudah taat beribadah sejak kecil. Bagi mereka berdua, shalat adalah sebuah kebutuhan dan kenikmatan yang luar biasa.
Setelah menceritakan keadaan keluarganya, kemudian ia menceritakan tentang tokoh yang sangat mempengaruhi kehidupannya, yaitu Rusli. “…Laki-laki itu kira-kira berumur dua puluh delapan tahun. Parasnya tampan, matanya menyinarkan intelek yang tajam. Kening di atas pangkal hidungnya bergurat, tanda banyak berpikir. Pakaiannya yang terdiri dari sebuah pantalon flanel kuning dan kemeja creme, serta pantas dan bersih. Ia tidak berbaju jas, tidak berdasi…” (Mihardja, 1949:35). Rusli adalah seorang pria tampan yang terpelajar dan sopan dalam bertutur kata.
Berikut ini adalah kutipan ketika tokoh “aku” dalam novel Atheis saat menjelaskan mengenai Kartini. “…Wanita itu nampaknya tidak jauh usianya dari dua puluh tahun. Mungkin ia lebih tua, tapi pakaian dan lagak-lagunya mengurangi umurnya. Parasnya cantik. Hidungnya bangir dan matanya berkilau seperti mata seorang wanita India. Tahi lalat di atas bibirnya dan rambutnya yang ikal berlomba-lombaan menyempurnakan kecantikannya itu. Badannya lampai tapi penuh berisi…” (Mihardja, 1949:35). Tokoh “aku” menggambarkan Kartini begitu sempurna. Parasnya ayu, hidungnya mancung, matanya indah, rambutnya bergelombang, dan tubuhnya lampai.
2.4.2. Komplikasi atau permulaan konflik
Pada saat Hasan berkunjung ke rumah Rusli, Rusli mengaku bahwa ia atheis. Dari situ, Hasan ingin menyadarkan Rusli dan Kartini mengenai Tuhan agar mereka bisa kembali ke jalan yang benar. “…Mesti! Mesti! Aku mesti bikin mereka sadar akan kewajibannya sebagai orang-orang Islam! Seolah-olah jendral agama rasaku yang hendak menundukkan kapir-kapir…” (Mihardja, 1949:69). Kutipan diatas adalah merupakan kata batin Hasan yang berniat untuk menyadarkan Rusli dan Kartini.
2.4.3. Penanjakan konflik
Rencana awal, Hasan ingin menyadarkan Rusli dan Kartini menuju jalan yang benar. Akan tetapi justru ia lah yang terperangkap dalam kesalahan. Ia menjadi seorang atheis karena terpengaruh oleh keadaan sekitar. “…Empat bulan yang lalu aku masih meloncat dari kursiku mendengar tabuh berbunyi itu,» lekas-lekas bergegas ke kamar mandi mengambil air wudhu. Tapi sekarang aku tetap saja terpaku pada kursiku…” (Mihardja,1949:157). Ia tak lagi membutuhkan shalat, dzikir, dan puasa.
2.4.4. Klimaks
      Hasan bertengkar hebat dengan Kartini hingga Kartini dipukuli olehnya. Sampai akhirnya Kartini berniat pergi ke kampung halamannya, namun ia bertemu dengan Anwar. Lalu mereka pergi ke sebuah penginapan. Disana, Anwar hendak melakukan tindakan buruk pada Kartini, ia ingin tidur dengan Kartini, tetapi Kartini menolak lalu ia pergi menyelamatkan diri.
2.4.5. Penyelesaian
Hasan meninggal dunia.
3.5. Latar / Setting dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
Latar terbagi menjadi tiga bagian, yang pertama adalah latar tempat, kemudian latar waktu, dan yang terakhir adalah latar suasana.
3.5.1. Latar Tempat dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
3.5.1.1. Kampung Panyeredan
Kampung Panyeredan adalah tempat Hasan dilahirkan dan dibesarkan. Kampung Panyeredan adalah kampung sederhana, nyaman, dan sejuk. “Kampung Panyeredan namanya. Kampung itu terdiri dari kurang lebih dua ratus rumah besar kecil.” Kampung itu adalah kampung yang cukup sepi, tidak terlalu padat penduduk.
Setelah dewasa, Hasan merantau ke Bandung dan mencari nafkah disana. Setelah beberapa saat, ia kembali ke desa Panyeredan untuk menjenguk orang tuanya dengan ditemani oleh Anwar. “Dengan delman itu kami dibawa ke kampung Panyeredan, kira-kira lima kilometer ke atas.”

3.5.1.2. Loket di Kotapraja
Hasan bekerja di kantor Geemente atau Kotapraja. Ia bekerja sebagai klerk. “…Loket bagian jawatan air dari Kotapraja tidak begitu ramai seperti biasa. Ruangan di muka loket-loket yang berderet itu sudah tipis orang-orangnya…” (Mihardja, 1949:34). Ketika ia sedang bekerja menjual karcis di loket, ia bertemu dengan sahabat lamanya, yakni Rusli. Disitulah awal kali pertemuan Hasan dengan Kartini, seorang janda cantik bertubuh lampai.
3.5.1.3. Rumah Bibi
Hasan tinggal di rumah bibinya sejal ia bersekolah di Mulo (Meer Uitgcbrcid Lager Onderwijs) - setingkat dengan Sekolah Menengah Pertama. “…Aku tinggal pada bibi itu sejak bersekolah di Mulo. Bibi adalah seorang janda yang telah berusia kira-kira lima puluh tahun…” Ia berada di rumah bibi hingga ia bekerja dan ketika ia menikah, ia memutuskan untuk pindah ke rumah istrinya di Lekong Besar 27.
3.5.1.4. Rumah Rusli / Kebon Manggu 11
Setelah pertemuan Hasan, Rusli, dan Kartini di loket di Kotapraja, Rusli mengundang Hasan untuk berkunjung ke rumahnya yakni di Kebon Manggu 11. “…Tepat jam setengah lima seperti telah dijanjikan, aku tiba di rumah Rusli. Tidak sukar mencari nomor sebelas itu...” (Mihardja, 1949:40). Disana mereka bercakap-cakap mengenai banyak hal sambil merokok bersama.
3.5.1.5. Rumah Kartini / Lengkong Besar 27
Pada awal-awal perkenalan antara Hasan dan Kartini, Hasan sempat mengunjungi rumah Kartini di jalan Lengkong Besar 27. “…Tapi pada saat itu juga, Kartini sudah menjenguk dari dalam rumah ke serambi muka…” (Mihardja, 1949:118). Saat Hasan mengunjungi rumah Kartini, ia mendapat sambutan baik.
Setelah mengadakan pesta perkawinan sederhana, Hasan dan Kartini memutuskan untuk tinggal di rumah Kartini di Lengkong Besar. “…Atas permintaan Kartini aku pindah ke rumahnya di Lengkong Besar. Maka mulailah halaman-halaman baru dalam hidupku. Dan segala-gala terasa olehku berlaku dengan sangat cepatnya…” (Mihardja, 1949:217). Hari-hari mereka lalui di dalam rumah itu.
3.5.2. Latar Waktu
3.5.2.1. 1 Oktober 1942
Tepat pada tanggal 1 Oktober 1942, Hasan telah membina rumah tangganya bersama Kartini selama tiga setengah tahun. “…1 Oktober! Kuhitung dengan jari: Februari, Maret, April, Mei, Juni....... Tiga tahun setengah kira-kira sejak 12 Februari 1941. Sejak aku kawin dengan Kartini…” (Mihardja, 1949:217). Sejak tanggal 1 Oktober 1942, berbagai permasalahan muncul dalam kehidupan rumah tangga mereka berdua dan rumah tangga mereka menjadi semakin tidak harmonis.
3.5.2.2. 15 Februari 1943
15 Februari adalah hari ketika terjadi pertengkaran antara Hasan dan Kartini. Setelah pertengkaran tersebut, Kartini memutuskan untuk kabur dan bercerita pada Anwar. Ia ingin meminta perlindungan dan berbagi cerita pada Anwar. Akan tetapi Anwar malah berniat jahat. Ia mengajak Kartini ke sebuah hotel dan ia hendak menyalurkan nafsunya pada Kartini. Jongos yang bekerja pada hotel itu mengetahui hal tersebut. “…Jongos membungkuk sedikit ke atas buku-tamu itu. Membaca alon-alon, "Anwar? Tanggal 15 Februari .... Kamar 8? ..." (Mihardja, 1949:303).
Si Jongos menceritakan hal yang ia ketahui kepada Hasan. “…'Tapi entahlah, Tuan. Apa yang kemudian terjadi, saya kurang mengerti. Sebab saya tiba-tiba mendengar dalam kamar itu cekcok. Perempuan itu kedengaran memekik-mekik dan menyentak-nyentak dan tak lama kemudian ia keluar menjinjing tas pakaiannya, bergegas ke jalan besar, memanggil delman, lalu pergi dengan delman itu entah, ke mana...... Dan Sang Arjuna, Tuan?!....... Beberapa jurus kemudian pergi juga ia dengan clela-clili seperti kucing yang tidak hasil mencari daging."…”
3.5.3. Latar Suasana
3.5.3.1. Penyesalan
Saat Hasan berkunjung ke kampung halamannya bersama Anwar, mereka menginap di rumah keluarga Hasan. Pada saat itu, Hasan terlibat adu mulut dengan orang tuanya. Hal tersebut dikarenakan orang tua Hasan kecewa apabila Hasan lebih memilih untuk menjadi seorang atheis. Orang tua Hasan ingin anaknya beragama dengan kuat dan sepenuh jiwa. Namun Hasan menentang. Hal itu membuat ayahnya marah. “…Kini insyaflah aku, betapa tersayat-sayatnya rasa hati ibu dan ayah oleh perkataan-perkataan tadi malam. Kini terasa benar olehku, betapa tidak bijaksananya aku bercekcokan dengan ayah tadi malam. Sesungguhnya, serasa remuk jiwaku kini. Remuk, karena rasa sesal menyayat-nyayat, rasa sedih mengiris-iris…” Disaat perdebatan dengan ayahnya itulah Hasan mengungkapkan segala hal dengan sejujur-jujurnya dan membuat kedua orang tuanya merasa amat sangat tersakiti.
Scene yang menggambarkan penyesalan yang lainnya adalah ketika Kartini mengetahui bahwa Hasan telah meninggal dunia. Mendengar kabar mengenai kematian Hasan, Kartini segera menuju kantor Ken Peitai  (Polisi Militer Jepang) untuk memastikan kebenaran kabar tersebut yang ternyata memang benar adanya. Tubuhnya melemas seketika, ia merasa amat sangat menyesal pada dirinya sendiri. Ia merasa terlalu banyak membangkang pada suaminya, ia belum bisa menjadi wanita yang mampu mendampingi Hasan. “…Tak ada lagi orang, kepada siapa ia hendak memperlihatkan sesalnya yang begitu berat menekan jiwanya selama itu. Ya, kepada siapa? Kepada siapa? Dan sesal tiada berkurang karena bertanya demikian itu. Malah sebaliknya! Makin membesar, makin menekan, makin menindas…” (Mihardja, 1949:9). Ia ingin meminta maaf pada Hasan, ia ingin memperbaiki semuanya, memulainya kembali dari awal, dan berusaha menjadi pendamping hidup yang terbaik untuknya. Namun semua itu telah terlambat, karena Hasan telah pergi untuk selama-lamanya.
3.5.3.2. Bahagia
Jatuh cinta adalah fitrah manusia. Seluruh umat manusia ingin mencintai dan dicintai, begitu pula dengan Hasan. “…Maka berdegap deguplah hatiku seperti tadi. Makin lama makin keras.......dan dengan tidak terinsyafi lagi olehku", maka badan yang lampai itu tiba-tiba kurentakkan, sehingga jatuhlah ke dalam pelukanku. Bibir sama bibir bertemu dalam kecupan yang mesra. Dan melekat panas dalam pelukan yang erat…” (Mihardja, 1949:145). Hasan mencintai Kartini dan ia merasa sangat bahagia karena ternyata Kartini juga memiliki perasaan yang sama terhadapnya.
3.5.3.3. Menegangkan
            Mahligai rumah tangga yang dibangun Hasan bersama Kartini awalnya baik-baik saja. Namun setelah tiga setengah tahun berlalu, timbul beberapa masalah dalam rumah tangga mereka, dan hal itu menyebabkan kepercayaan Hasan terhadap istrinya semakin menipis. Pada malam hari tanggal 1 Oktober Kartini tak kunjung pulang ke rumah. Ketika menjelang larut, barulah Kartini pulang. Ia pulang bersama dengan Anwar. Mengetahui hal tersebut Hasan pun tersulut emosi. Ia marah pada Kartini. Kartini ketakutan dan memilih untuk bersembunyi dan mengunci diri di dalam kamar. Hasan menggedor-gedor kamar untuk melampiaskan emosinya terhadap Kartini.
“Baru saja pintu itu setengah terbuka, aku sudah menubruk ke dalam seperti seekor harimau yang sudah lapar mau menyergap mangsanya.
Tar! Tar! Kutempeleng Kartini.
“Aduh!” pekiknya sambil menutup pipinya yang kanan dengan tangannya. Kujambak rambutnya! Kurentakkan dia dengan sekuat tenaga, sehingga ia jatuh tersungkur ke lantai. Kepalanya berdentar kepada daun pintu. Menjerit-jerit minta ampun!
Seluruh badanku bergetar! Seluruh badanku panas! Panas terbakar api amarah! Api amarah yang menjolak-jolak keluar dengan sinar mataku, dengan suaraku mebentak-bentak, berkaok-kaok.
3.6. Sudut Pandang dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
            Sudut pandang yang digunakan dalam penulisan novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja adalah sudut pandang orang pertama pelaku utama. Dalam novel ini, tokoh aku (Hasan) menceritakan kisah perjalanan hidupnya, mulai dari segi agama, percintaan, dan keluarga. Ia bercerita mengenai segala hal yang terjadi dalam hidupnya setelah ia bertemu dengan Rusli dan Kartini, dua orang yang mampu merubah keseluruhan hidupnya, ditambah lagi dengan kehadiran Anwar.

3.7. Amanat dalam Novel Atheis Karya Achdiat K. Mihardja
            Amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui novel Atheis adalah jangan sampai keimanan kita tergadaikan hanya karena cinta dan lingkungan pergaulan semata. Segala hal yang terjadi dalam hidup adalah ujian, baik itu kisah sedih maupun bahagia. Dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja dikisahkan bahwa Hasan berteman dengan Rusli dan ia jatuh cinta pada Kartini, mereka berdua atheis. Hal itu menjadikannya rela melepas keimanannya hanya karena terpengaruh opini-opini dan paham yang ditanamkan Rusli padanya dan karena ia telah dibutakan oleh cinta dan hawa nafsu. Hingga akhirnya ia mendapatkan berbagai penderitaan yang teramat berat dan ia baru menyadari akan kesalahannya di akhir cerita. Ia baru merasa bahwa apa yang selama ini ia lakukan adalah kesalahan terbesar dalam hidupnya dan ia menyadari bahwa ia sangat membutuhkan Tuhan dan agama untuk menjadi petunjuk dalam menjalani hidup.

Lihat juga: scrapbook buatanku :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments